Powered By Blogger

Rabu, 02 Maret 2011

Waspadai Bahaya Merokok Bagi Pelajar ( Karya Tulis )




Sudah bukan rahasia lagi bahwa rokok adalah barang yang sangat berbahaya, karena rokok bisa menurunkan kesehatan. Bahaya merokok bagi pelajar pun sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Namun, sampai saat ini tetap saja banyak kita jumpai pelajar yang mengkonsumsi barang tidak sehat ini.


Rokok memang barang yang berbahaya, karena selain mengandung banyak racun perusak kesehatan, rokok memiliki sifat yang membuat siapapun akan kecanduan untuk terus mengkonsumsinya.


Walau sudah sangat banyak pengguna rokok yang mengaku kesehatannya menurun bahkan berakhir Kematian, konsumsi rokok di Indonesia tetap tak berkurang. Pelajar pun yang merupakan aset bangsa yang sangat berharga, mulai ikut-ikutan menyentuh barang yang tidak sehat ini. 


Kenapa Pelajar Tertarik Pada Rokok?


Ada beberapa hal yang patut diketahui tentang penyebab pelajar merokok. Hal ini juga diperlukan untuk bisa mengetahui bagaimana cara pencegahan yang baik dan tepat, sehingga bahaya merokok bagi pelajar pun bisa dihindari.


1. Keluarga adalah lingkungan sosial pertama yang menjadi tempat si anak untuk belajar. Seorang pelajar, hampir selalu memperhatikan apa saja kebiasaan yang ada di keluarga mereka.


2. Pelajar adalah seorang anak yang masih berusia belia dan masih sangat labil. Di usia yang labil ini, mereka mudah sekali untuk terpengaruh. Bahkan yang lebih miris, banyak sekali pelajar yang beranggapan bahwa mereka akan terlihat lebih keren atau lebih gaul bila mengkonsumsi rokok.


Apa saja Bahaya Merokok Bagi Pelajar?


Kesehatan


Bahaya merokok bagi pelajar yang paling ditakutkan adalah dalam hal kesehatan. Seperti yang sudah diketahui, ada ribuan zat racun yang terkandung dari dalam rokok.


Contoh zat berbahaya dalam rokok:





1. Nikotin ( zat candu )
2. Tar (penyebab kanker )
3. Karbon monoksida ( zat karsinogen/beracun )
4. Arsenik ( zat/racun anai-anai )
5. Acetone ( biasa digunakan untuk cat )
6. Polonium-201 ( bahan radioaktif berbahaya )


Sosial dan Kejiwaan


Bahaya merokok bagi pelajar juga mencakup masalah sosial. Walau banyak yang beranggapan bahwa merokok adalah tindakan yang keren, banyak pula yang memandang sinis terhadap para perokok.
Pelajar yang merokok bisa saja dijauhi oleh banyak teman karena kebiasaan buruknya ini. Ia bisa saja menjadi tidak percaya diri, merasa dikucilkan, atau malah akan menjadi pemarah dan pemberontak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar